MSR ( Mega Skala Richter ) Pengertian , Sejarah dan Efek nya apabila terjadi

20 November 2009 pukul 8:37 PM | Ditulis dalam World | Tinggalkan komentar

MSR ( Mega Skala Richter ) Pengertian , Sejarah dan Efek nya apabila terjadi


maap kalau repost , kalau repost deleted ajah om mod tercintahh

image Skala Satuan Gempa Mega Skala Richter ( MSR )

Mungkin skala gempa ini jarang di bahas karena di dunia jama modern ini hampir tidak pernah terjadi gempa di atas MSR ( 1 MSR = 10 SR ) , Skala Gempa internasional hanya terbagi 2 yaitu :
1. Skala Mercal
2. Skala Richter
( untuk 2 penjelasannya baca di tread yg membahasnya )
sedangkan Mega Skala Richter hanya di gunaka utk gempa2 di atas skala 9,9 SR . Dan tentu hal ini tak di harapkan bg banyak orang . karena gempa dgn kekuatan MSR tak dapat di hindari , kit tak dapat lari , karena serangan gempa ini lebih hebat dr serangan Shock wave .

Spoiler untuk Sejarah dan penemu satuan Mega Skala Richter:

Mega Skala Richter ( MSR ) di kemukakan pertama kalinya oleh se oarang ilmuwan yg bernama " sir richard greed " ( 1924 – 1978 . Ilmuwan Ekologi asal Ingriis ini menemukanskala satuan ini ketika berkunjung ke teluk yucatan meksiko . Dia memperkirankan Kalau batu yg menimpa daerah saat itu hanya selebar 7 Mil . Dan dia juga yg pertama kali memperkirakan kekuatan gempa yg di timbulkannya . Dia memperkirakan kekuatan tubrukan itu setara dgn 10 ribu ledakan nuklir yg di ledakan secara bersama – sama di dlm satu daerah . Dan dia memperkirakan " ketika meteor itu menembus ke dalam perut bumi , gempa yang di hasilkan adalah 376,764 SR , atau 50 kali kekuatanSkala Richter pd umumnya , Sehingga tak mungkin lagi di hitung dgn kekuatan SR , dan dia akhirnya mengumumkan kalau kekuatan di atas SR adalah MSR (Mega Skala Richter ) . Dan hal ini di terima oleh seluruh Ilmuwan ekologi di seluruh dunia . Namun Hingga saat ini dalam sekala internasional hanya 2 yang masih di pakai yaitu – SR dan SM – . Ini di karenakan gempa diatas 9,9 SR atau 1 MSR belum pernah terekam di dunia

Spoiler untuk Pengertian MSR:

MSR atau singkatan dari Mega Skala Richter mungkin merupakan kata yg masih tabu , karena belum pernah ada yg memakai satuan skala tersebut . MSR adalah Satuan Skala Gempa yang kekuatannya di atas skala richter , 1 Mega Skala Richter sama dengan kekuatan gempa 10,678 SR ( atau 10 ++ ) . Merupakan satuan skala tertinggi di atas Skala Richter .

Spoiler untuk efek yg di timbulkan oleh skala MSR dr 1 MSR hingga 10 MSR berdasarkan simulasi:


1 MSR – 3 MSR

Apa bila terjadi laut maka akan menimbulkan tsunami setinggi 10 – 20 kaki ( 25 meter ) dan mampu menyapu bersih seluruh daerah pesisir yg terkena area gempa ( untuk membandingkannya silahkan perhatikan efek gempa yg mengakibatkantsunami pd thn 2004 pd hal gempa tsb masih di bawah 1 MSR ) dan akan menyebabkan korban jiwa tak kurang 600 ribu orang apabila skala gempa mencapai 3 MSR .
Apa bila terjadi di darat . Apabila terjadi di di suatu wilayah yg mempunyai 12 negara bagian maka seluruh wilayah tsb akan hancur berantak , dan getaran gempa akan di rasakan di 30 negara bagian sekitarnya . Korban di pekirakan mencapai 500 ribuan orang kalau gempa ini terjadi di malam hari .

3 – 5 MSR

Apabila terjadi di laut Maka akan terjadi Tsunami dengan tinggi sekitar 50 – 100 kaki ( kira2 100 meter an ) dan mampu menenggelamkan indonesia , jepang , dan negara2 kepulauan di sekitar area getaran gempa . di perkirakan korban jiwa mencapai 5-6 juta manusia
Apabila terjadi di darat Maka negara yg mengalami gempa akan musnah , kebakaran hebat , jalan2 hancur , bandara tak akan bisa di gunakan , dan membuat negara ini bisa di katakan hilang dr muka bumi . Efek getaran bisa di rasakan 150 ribu kilo meter di luar episetrum , bahkan bisa di katakan apabila terjadi di benua amerika maka benua eropa dan sampai rusia bahkan china masih merasakan gempa yg terjadi di benua amerika tsb . perkiraan korban 10 juta bahkan lebih .
5 – 7 MSR
Apabila terjadi di laut Apabila terjadi di samudera pasifik , maka amerika dan 12 negara bagiannya akan tenggelam oleh tsunami setinggi sekitar 400 meter , dan apabila di samudera hindia maka india dan beberapa pulau di indonesia akan lenyap akibat terjangantsunami bahkan tsunami dpt menyapu bersih pesisir china dan australia . Perkiraaan Korban manusia tak terhitung ( sekitar puluhan juta )
Apabila terjadi di darat maka separuh dunia di sekitar epi setrum dapat merasakan getaran gempa tersebut , daerah yg terjadi gempa setara dgn 100 bom atom yg di jatuhkan secara bersamaan di daerah tersebut . korabn jiwa tak dpt di prediksi

7 MSR – 10 MSR
]
Apabila terjadi di laut , maka dpt meneggelam kan separuh Benua amerika dan menyapu bersih seluruh pesisir di seluruh dunia , bahkan mampu menenggelamkan eropa dlm sekejap akibat terjangantsunami setinggi 5 – 6 Mil ( atau setara 5-6 Km ) , perkiraan korban jiwa dapat mencapai ratusan juta jiwa
Apabila terjadi di darat , maka benua di sekitarnya pun akan mengalami dampak yg parah , dan getaran gempa dapat di rasakan di seluruh dunia dgn berbagai macamskala , mampu meletuskan gunung api yg sudah lama mati , membelah gunung , membelah jalan , meneggelamkan 1 negara karena tanah ambles . Korabn jiwa tak dpt di prediksi
10 ++ MSR
tak dpt di bayangkan efek yg di di timbulkan bila terjadi di laut dan di darat

Namun jangan khawatir menurut ilmuwan gempa dgn skala MSR 99 % di akibatkan oleh benturan meteor sebesar kota dan hanya 0,75 oleh tektonik dan 0,25 % di sebabkan oleh vulkanik . Dan gempa terbesar yg di akibatkan oleh benturan terjadi di meksiko dgn kekuatan sekitar 37 MSR ( Silakan anda bayangkan gempa dgn kekuatan seprti itu )
sumber = artikel ekologi yg gw himpun
apabila terjadi gempa tsb apa yg akan kita lakukan , dan kita hanya berdoa ke pada Allah agar genpa tsb tak akan terjadi .

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: