Hati-hati dengan Iklan Kelip-kelip

13 November 2009 pukul 9:10 AM | Ditulis dalam Computer | Tinggalkan komentar

Hati-hati jika berselancar di internet. Penjahat cyber kini banyak yang memanfaatkan ketakutan pengguna agar menggunakan dan membeli software keamanan yang palsu. Symantec Corp. mengumumkan hasil penelitian yang berjudul Report on Rogue Security Software. Penelitian tersebut dilakukan berdasarkan data selama 12 bulan dari Juli 2008 sampai Juni 2009.

Software keamanan palsu atau "scareware" adalah software yang diklaim sebagai software keamanan asli/sah. Aplikasi-aplikasi palsu tersebut sebenarnya memberikan nilai yang sedikit atau tidak sama sekali. Mungkin juga aplikasi tersebut dapat menginstal program jahat atau mengurangi keamanan komputer secara keseluruhan.

image

 

Kekhawatiran pengguna merupakan celah yang dapat digunakan penyerang untuk memberikan klaim palsu seperti iklan yang berkelip-kelip. Iklan-iklan tersebut biasanya memberikan klaim palsu seperti "jika iklan berkelip-kelip, komputer anda mungkin menghadapi resiko atau terinfeksi." Hal ini pada akhirnya memaksa pengguna untuk mengikuti sebuah link untuk memindai komputer mereka atau mendapatkan software untuk menghilangkan ancaman tersebut.

Menurut penelitian tersebut, sebanyak 93% instalasi software dari 50 software keamanan palsu teratas diunduh sengaja oleh pengguna. Sampai Juni 2009, Symantec telah mendeteksi lebih dari 250 jenis program software keamanan palsu.

Kerugian yang dialami pengguna tak hanya dari segi finansial, namun juga data pribadi dan informasi kartu kredit yang diberikan selama pembelian. Alhasil, data tersebut dapat digunakan untuk penipuan lain dan dijual di forum-forum pasar gelap yang berakhir dengan pencurian identitas.

Sementara itu, banyak metode yang digunakan untuk mengelabui pengguna supaya mengunduh software. Misalnya dengan mengandalkan taktik menakuti-nakuti dan trik rekayasa sosial lainnya. Software keamanan palsu tersebut diiklankan melalui berbagai cara, mulai dari situs Web jahat maupun resmi seperti blog, forum, situs jaringan sosial, dan situs dewasa. Jadi, tetap waspada jika menemukan iklan yang berkelip-kelip. (Indah PM)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: